PIMUT "PIZZA IMUT"
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Di zaman yang serba modern dan pesatnya perkembangan
teknologi, sebagian besar orang selalu mencari makanan dan jajanan yang akan
dimakannya. Tetapi bagi sebagian masyarakat ekonomi menengah ke bawah
sepertinya tidak terlalu memperhatikan makanannya, maksudnya tidak seperhatian
masyarakat ekonomi menengah ke atas. Karena masyarakat tersebut memilih makanan
yang penting enak, murah, dan cepat didapat. Mereka tidak terlalu memikirkan
tentang kandungan yang terdapat di dalam makanan itu, sungguh berbeda dengan
masyarakat yang ekonomi menengah ke atas yang semuanya serba diperhatikan.
Untuk itulah kami tertarik mengembangkan usaha pizza,
salah satu makanan favorit banyak orang yang hampir dapat ditemui di setiap
tempat dan di setiap daerah. Seperti yang kita ketahui bahwa pizza adalah
sangat enak dan lezat dan memiliki banyak penggemar. Mengingat potensial
keuntungan yang bisa diraih cukup besar. Dari alasan itulah kami ingin
mengembangkan usaha pizza ini yang kami beri nama “Pimut (pizza imut)”. Harganyapun
sangat terjangkau, sehingga mudah di jangkau oleh semua kalangan masyarakat. Kandungan gizi yang terdapat pada
bahan pembuatan pizza sangat baik dikonsumsi oleh masyarakat. Dan lebih penting
lagi, kami akan memperkenalkan produk lokal ini supaya banyak di gemari dari
kalangan kanak-kanak hingga dewasa.
B. Visi Usaha
“Mempromosikan produk yang bermutu dan
digemari oleh kalangan masyarakat. Serta mengangkat produk lokal kepada
masyarakat luas agar lebih mengenal produk anak bangsa”.
C. Misi Usaha
1.
Menyediakan pizza yang bisa dinikmati oleh semua
kalangan
2. harga
yang murah dan ramah lingkungan
3. Meningkatkan
mutu produk agar produk dapat dikenal oleh masyarakat.
4. Menghasilkan
berbagai produk yang memiliki kualitas dan mutu yang terjamin.
5. Menjadikan
usaha ini sebagai peluang usaha yang memberikan manfaat atau keuntungan yang
terbaik.
BAB II
ANALISIS SWOT
A.
Pengertian
Analisis SWOT
Dalam
membuka suatu usaha, seorang pembisnis harus melakukan suatu analisis terhadap
usahanya tersebut. Analisis ini dinamakan dengan analisis SWOT. Analisis SWOT
adalah analisis yang menggabungkan beberapa unsur seperti strength (kekuatan),
weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan/peluang), dan treat (ancaman).
Analisis SWOT dibutuhkan untuk menjadi bahan pertimbangan bagi pembisnis agar
dapat meningkatkan profit atau laba serta menghindari dari berbagai macam
resiko. Pada pembahasan ini, penulis akan memaparkan hal-hal yang berkaitan
dengan analisis SWOT pada usaha “PIMUT HARANIZAY”, berikut uraiannya.
1.
Strength
(Kekuatan)
Keunggulan
dari Pimut Haranizay diantaranya:
·
Harganya
yang ekonomis
·
Baik
dikonsumsi untuk semua kalangan masyarakat
·
Cara
pembuatannya mudah
·
Bebas
dari bahan pengawet
·
Memiliki
banyak gizi
·
Bahan
yang mudah didapatkan
·
Kualitas
bahan baik
·
Dapat
menambah nilai gizi
2.
Weakness
(Kelemahan)
Dalam proses pembuatan
suatu produk, pasti memiliki suatu kendala dan kelemahan dari suatu produk, ini
diantaranya :
·
Sarana
dan prasarana kurang lengkap
·
Produk
mudah ditiru
·
Tidak
bertahan lama
3.
Oportunity (Peluang)
Di
dalam menjalankan usaha ‘’PIMUT HARANIZAY’’ ini, terdapat beberapa peluang
diantaranya :
·
Tempat strategis
·
Di daerah pedesaan belum banyak yang memproduksi produk ini
·
Harga yang ditawarkan kepada masyarakat terjangkau
·
Disediakan layanan pesan antar (delivery)
·
Disediakan layanan pesan online
·
Menyediakan pesanan dalam jumlah besar
4.
Treat (Ancaman)
Ancaman
yang mungkin akan dialami pada saat melakukan bisnis yaitu:
Adanya pesaing yang menjual produk yang sama
dengan harga yang lebih murah dari harga yang kami tawarkan.
Dalam suatu usaha
Marketing Mix dikenal dengan formula 4P, yaitu :
1. Product (Produk)
2. Price (Harga)
3. Place (Tempat)
4. Promotion (Promosi)
1.
Product
(Produk)
Bahan yang diperlukan dalam
pembuatan “Pimut Haranizay” adalah :
Bahan adonan :
180 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
(Cakra Kembar)
1 sdm susu bubuk (Dancow)
100 ml air hangat
1 sdt ragi instan
2 sdm gula
1 sdt
garam
3 sdm
minyak sayur
2 sdm
mentega (blue band)
Bahan
toping :
Saos
Bolognese
Saos
sambal
Keju
Kornet
Abon
Sozis
Cara
membuat :
·
Campurkan
ragi, gula pasir dan garam dengan air hangat. Diamkan +- 10 menit sampai
berbuih.
·
Di
wadah terpisah campur tepung terigu dan susu bubuk, kemudian tambahkan air ragi,
minyak sayur. Aduk rata, dan tambahkan margarin.
·
Uleni
adonan sampai kalis, tidak perlu sampai elastis seperti membuat adonan donat.
Yang terpenting sudah tercampur rata dan tidak lengket ditangan.
·
Tutup
adonan dengan kain dan diamkan lebih kurang 30 menit sampai mengembang.
·
Setelah
mengembang, tipiskan adonan dan bentuk
di Loyang atau di panci ricecooker yang sudah dioles margarine dan ditabur
tepung.
·
Tusuk-tusuk
adonan pakai garpu, berikan keju untuk pinggiran, tambahkan saos Bolognese,
kornet, keju (prociz), abon, sosis.
·
Masukkan
panic ke rice cooker dan tekan cook, kalau tombol naik ke warm tunggu kurang
lebih 5 menit dan tekan cook lagi (ulangi 3 kali).
·
Setelah
matang angkat panci dari ricecooker dan pimut siap untuk di nikmati.
2. Price (harga)
Harga sangat
berpengaruh dengan laku tidaknya produk yang ditawarkan karena dengan harga
yang ekonomis, kami yakin bahwa produk yang kami buat akan banyak peminatnya.
Harga yang akan kami tawarkan sangatlah ekonomis dan cocok untuk semua isi
kantong masyarakat aceh.
3. Place (Tempat)
Sebelum mendirikan usaha, seorang
wirausaha harus bisa menentukan letak tempat usaha yang strategis, mudah dalam
memperoleh bahan baku, serta menentukan sasaran pasar yang dituju. Sehingga
dapat memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pengusaha. Tempat yang kami buat
yaitu di daerah Darussalam, Banda Aceh tepatnya di rumah kami sendiri, karena
kami mengusung konsep home industry.
4.
Promotion
(promosi)
Berdasarkan analisa
peluang usaha, kami melakukan promosi dengan cara mengiklankan di berbagai
sosmed seperti instagram, facebook, line, wa, dan lain lain, dan juga
menggunakan metode mulut ke mulut serta menyebarkan brosur dan menaruh tester
pimut di cafee-cafee setempat dan menempelkan brosur di madding-mading
perguruan tinggi negeri seperti UIN Arraniry, Unsyiah, dan Abulyatama.
BAB
III
MARKETING
A. Target Pasar
Kami berencana menjual produk
secara offline maupun online sehingga pelanggan dapat memesan produk dengan
mudah. Pemasaran offline langsung dating ke tempat yang beralamat di Darussalam,
Banda Aceh. Sedang pemasaran produk secara online kami lakukan dengan membuat
website yang dapat diakses pelanggan kapanpun, kami juga menyediakan pesan
antar dan delivery online sehingga memudahkan konsumen yang igin mencoba
Target konsumen adalah masyarakat di daerah
sekitar dari semua golongan baik anak-anak, usia muda maupun tua.
Dalam penjualan dan pemasaran
produk ini, ada beberapa strategi yang digunakan yaitu :
1. Menetapkan
harga yang relative murah agar dapat terjangkau oleh semua kalangan
masyarakat.
2. Tempat
penjualan yang strategis.
3. Melakukan
pelayanan yang terbaik, dan menerapkan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan
Santu).
4. Memenuhi
kepuasan dan permintaan konsumen.
Pimut memiliki keunggulan dalam
rasa yang yummy dan harga yang ekonomis, terjangkau untuk kalangan masyarakat
menengah atas dan bawah. kualitas produk, yang tanpa bahan pengawet.
Selain itu karena belum banyak yang
memproduksi produk kami di daerah pedesaan menjadikan produk kamu laris di
pasaran. karena harga yang ekonomis menjadikan produk ini lebih terjangkau
untuk semua kalangan, oleh karena itu produk kami dijamin memiliki prospek yang
cerah dan memiliki keunggulan kompetitif di pasaran.
E. Analisis Sumber Daya Manusia
Dalam kegiatan
Produksi perusahaan kami akan meningkatkan karyawan di bagian produksi ketika
perusahaan berkembang sebanyak 1 orang dengan insentif sebesar Rp. 300.000,00
per bulan. hal ini dilakukan untuk mengimbangi pesanan produksi yang kian
berkembang.
Pada bagian
penjualan, perusahaan ini akan melakukan penambahan karyawan sebanyak 1 orang, dengan
insentif sebesar Rp. 300.000 per bulan.
BAB IV
ANGGARAN
A. Biaya Bahan
No.
|
Nama Barang
|
Banyak
|
Harga
|
1.
|
Tepung Terigu Protein Tinggi (Cakra Kembar)
|
180 gr
|
Rp 10.000
|
2.
|
susu bubuk (Dancow)
|
1 sdm
|
Rp 2500
|
3.
|
air
hangat (galon)
|
100 ml
|
Rp 4000,-
|
4.
|
ragi
instan
|
1 sdt
|
Rp 5000,-
|
5.
|
gula
pasir
|
2 sdm
|
Rp 13.000,-
|
6.
|
Garam
|
1 sdt
|
Rp 4.000,-
|
7.
|
minyak
sayur
|
3 sdm
|
Rp 12.000,-
|
8.
|
mentega (blue
band 200 gr)
|
3 sdm
|
Rp 6500,-
|
9.
|
Saos
Bolognese La Fonte 315 gr
|
secukupnya
|
Rp 12.500,-
|
10.
|
ABC
Sambal 140ml - kemasan botol
|
secukupnya
|
Rp. 4000,-
|
11.
|
Keju
|
secukupnya
|
Rp. 2000,-
|
12.
|
Kornet
200 gr
|
secukupnya
|
Rp. 12.500,-
|
13.
|
Sosiz
|
secukupnya
|
Rp. 20.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 108.000,-
|
B. Biaya Peralatan
No.
|
Nama
Barang
|
Banyak
|
Harga
|
1.
|
Rice Cooker
|
1 buah
|
Rp 200.000,-
|
2.
|
Baskom
|
1 buah
|
Rp 5.000,-
|
3.
|
Sendok
|
1 buah
|
Rp 5000,-
|
4
|
Garpu
|
1 buah
|
Rp 5.000,-
|
5.
|
Kain/Serbet Kotak
|
10 buah
|
Rp 5000,-
|
Jumlah
|
Rp 220.000,-
|
No.
|
Nama Barang
|
Banyak
|
Harga
|
1.
|
Kotak Kue
|
Rp 30.000,-
|
|
2.
|
Klip
|
1 buah
|
Rp 4000,-
|
Jumlah
|
Rp . 34.000,-
|
4. Perhitungan modal
|
= jumlah harga bahan + jumlah penyusutan + harga bahan pembantu
= Rp 108.000 + Rp 164.28 + Rp 34.000 = Rp 142.164,28
5.
Perhitungan harga pokok = Jumlah biaya bahan + biaya akomodasi
Jumlah
produksi = Rp 108.000 + Rp 18164.28
= Rp 126164.28
6.
Perhitungan harga
jual = (jumlah biaya bahan + biaya
akomodasi) x 30%
Jumlah produksi = Rp 108.000 +
Rp 18164.28 x 30%
= Rp
113449.284
7. Perhitungan Rugi
Laba
a. Laba per hari = (Harga jual – harga beli) x 80 bungkus
= (Rp 16000,- - Rp 13000,-) x 80 bungkus
= Rp 2000,- x 80
= Rp 150.000,-
b. Laba per bulan = Laba per hari x 30 hari
=
Rp 150.000,- x 30
=
Rp 450.000,-
c. Laba per tahun = Laba per bulan x 12 bulan
= Rp 450.000,- x 12= Rp 5.400.000,-
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sebuah usaha yang baru harus mempunyai pondasi yang
kuat agar mampu berdiri tegak melawan persaingan-persaingan pasar yang sangat
ketat. Untuk itu promosi-promosi sangat penting untuk meningkatkan kualitas
produk dan memperkenalkan suatu produk ke masyarakat. Produk-produk yang
dihasilkan juga harus selalu memberikan inovasi terbaru agar dapat memberikan
kepuasan bagi pelanggan. Melalui bisnis ini, penulis dapat menumbuhkan
jiwa kewirausahaan serta dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan penulis
tentang bagaimana cara berwirausaha yang baik dengan memperoleh keuntungan yang
diharapkan.
Pimut (pizza imut) yang kami buat harga bahan
bakunya terjangkau dan murah sehingga penulis yakin bahwa usaha ini akan laris
dipasaran. Karena pizza merupakan makanan local yang harganya mahal dan tidak
terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah bawah. Dengan pimut yang harganya
bersahabat dengan masyarakat kalangan manapun akan mengenal dan mampu membeli
makanan yang tadinya ia tak mampu untu membelinya.
B. Saran
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan proporsal
ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran,
masukan yang dapat membangun agar penulis bisa memperbaiki kesalahan tersebut
dan diharapkan ke depannya bisa lebih baik lagi.
PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA
ReplyDeleteWebsite paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
- Adu Q
- Bandar Q
- Bandar Sakong
- Bandar Poker
- Poker
- Domino 99
- Capsa Susun
- BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )
Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
* Minimal Deposit : 20.000
* Minimal Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
* Poker Online Terpercaya
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL
Contact Us
Website SahabatQQ
WA 1 : +85515769793
WA 2 : +855972076840
LINE : SAHABATQQ
FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
TWITTER : SahabatQQ
YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
Daftar SahabatQQ
#sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #88sahabatQQ #88sahabat #windaftar
Look at the way my partner Wesley Virgin's adventure begins in this SHOCKING and controversial VIDEO.
ReplyDeleteAs a matter of fact, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to get everything they want.
These are the same secrets many famous people (notably those who "became famous out of nothing") and the greatest business people used to become wealthy and famous.
You probably know how you use only 10% of your brain.
That's mostly because most of your brain's power is UNCONSCIOUS.
Perhaps this thought has even occurred IN YOUR very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years ago, while driving an unregistered, beat-up trash bucket of a vehicle without a driver's license and with $3.20 in his pocket.
"I'm so frustrated with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"
You took part in those questions, isn't it right?
Your success story is waiting to start. All you need is to believe in YOURSELF.
UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER