Sunday, October 30, 2016

Pesona Wisata Halal Jawa Tengah Menuju Wisata Halal Dunia

Sumber: Ig @mbahoerip

Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar semuanya rakyat Indonesia khususnya warga Jawa Tengah ? semoga dalam keadaan sehat wala’fiat. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang tempat-tempat wisata sejarah dan syariah di Jawa Tengah. Berikut penjelasan singkatnya

Jawa Tengah memiliki penduduk yang Manyoritas adalah beragama Islam , Agama Islam berkembang cukup pesat di Jawa Tengah setelah runtuhnya kerajaan Hindu pada abad ke-16 oleh sebab itu banyak tempat-tempat wisata Syariah yang dapat Dijumpai di Jawa Tengah. Tidak dapat dipungkiri provinsi yang beribu kota Semarang ini memiliki wisata Syariah yang mempesona yang kaya akan sejarah dan keunikannya. Berikut adalah beberapa wisata syariah di Jawa Tengah yang patut anda kunjungi yang terangkum dalam “Pesona Wisata Halal Jawa Tengah Menuju Wisata Halal Dunia”.

1.       Masjid Menara Kudus
Sumber: Ig @mbahoerip

Masjid Kudus adalah Masjid kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. Masjid ini dibangun pada masa Sunan Kudus dengan mengunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama masjid tersebut. Menara masjid ini memiliki keunikan yang menarik karena memiliki corak candi serta ukirannya yang unit dan menjadi bukti sejarah perpaduan budaya Hindu dengan Islam, seakan mengajarkan kepada kita arti keberagaman dan hidup rukun antar agama. Masjid ini menjadi tempat wisata Syariah favorit yang selalu ramai dikunjungi saban hari.

 2.       Masjid Agung Demak



Masih ingatkah anda tentang cerita wali Songo atau wali Sembilan ? masjid ini merupakan peninggalan Wali songo dan menjadi tempat berkumpulnya para wali songo pada jaman dulu, yang menyiarkan agama Islam keseluruh pelosok negeri Indonesia. Masjid ini di bangun pada masa Raden Patah, raja pertama dari kesultanan Demak (abad ke-15)  memiliki arsitektur yang unik karena atapnya berbentuk limas piramida yang mempunyai arti aqidah Islamiah yang terdiri dari Iman, Islam dan Ihsan. Dalam lokasi masjid juga terdapat makam para raja-raja kesultanan Demak dan para abdinya, dan juga terdapat museum masjid Agung Demak. Bahkan masjid ini menjadi Ikon kota Demak yang wajib anda kunjungi.

 3.       Masjid Agung Jawa Tengah
Sumber: Ig @mbahoerip

Masjid Ini sangat popular di Jawa Tengah, bagaimana tidak Masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah ini merupakan salah satu Masjid Paling indah di Jawa tengah karena memiliki payung Raksasa yang sama seperti Masjid Nabawi. Beribadah di Masjid ini memberikan suasana yang cukup damai dan tentram, ibadah akan terasa berbeda itu karena suasana di dalam masjid yang memberikan nuansa Islami yang sangat kental. Masjid ini memiliki luas 20 hektar yang dapat menampung jamaah hingga 13.000 orang. Berbagai fasilitas tersedia di masjid ini mulai dari perpustakaan, ruang akad nikah dan audiotorium. Bukan hanya itu saja disini juga tersedia galeri pertokoan, ruang kantor yang disewakan, hotel dan berbagai souvenir.

 4.       Makam Sunan Kalijaga
Sumber: http://www.nasirullahsitam.com/


Tempat Wisata Syariah yang populer lainnya yaitu Makam Sunan Kalijaga atau sering disebut Raden Said. Beliau adalah salah satu Wali Songo (Wali Sembilan), yang menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa, dia juga seorang pendiri Masjid Agung Demak. Makam beliau setiapnya selalu ramai di kunjungi Para Pejiarah baik dari Pulau Jawa maupun dari luar Pulau Jawa. Sunan Kalijaga diperkirakan lahir tahun 1450 M yang bernama Raden Said, beliau adalah putra Adipati Tuban Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur.

5.   Makam Raden Patah
Sumber: Kaskus

Selain Makam Sunan Kalijaga, Makam Raden Fattah juga ramai dikunjungi pejiarah setiap harinya. Raden Fattah/Patah (bergelar Alam Akbar Al Fattah) merupakan Walisongo Periodesasi ke-4. Raden Patah juga merupakan ulama Jawa Tengah yang sangat berpengaruh dalam mendakwahkan Islam keseluruh Pulau Jawa. Raden Patah merupakan raja pertama dari kesultanan Demak (abad ke-15) 


Nah, itulah beberapa tempat wisata syariah dan sejarah yang ada di Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah @visitjawatengah





0 comments :

Post a Comment